Turnhout – Anda termasuk orang yang penakut? Atau justru Anda ingin menguji nyali dan membuang jauh rasa takut yang sering menghinggap di diri Anda? Coba berkunjung ke restoran di bawah ini.

Mungkin, inilah restoran paling menakutkan di dunia ini. Terletak di kota Turnhout, Belgia, restoran dan bar ini dinamai T’Spookhuys. Restoran unik dan menyera
mkan ini didirikan oleh Karl Hendrix dan Bjorn Leys, sebagai tempat di mana orang bisa mengalami kengerian sebuah rumah angker.

Yah, fenomena hantu dan keangkeran memang bukan hanya milik negeri ini. Bahkan saat peresmian restoran seram ini dan publik yang datang mulai membuka pintu pada tanggal 1 Oktober 1997, semua langsung kaget. Banyak dekorasi menyeramkan, begitu juga interior desain, mulai dari pintu berderit, asap turun dari langit-langit, lukisan yang bergerak, dan efek khusus lainnya. Dan ternyata semua pengunjung hari itu seolah diajak “makan di neraka” yang suasana seramnya juga dihadirkan dengan saksi kacamata aneh dan akting cemerlang yang mengambil bagian di restoran T’Spookhuys ini.

Restora T’Spookhuys ini juga dikenal sebagai bar gaib dan rumah 1000 Hantu. Restoran seram dan aneh ini juga memiliki menu yang akan membuat Anda menggigil dan seram. Beberapa makanan yang terpampang pada menu ada yang bernama cacing lumpur pie dan pedas yang disajikan di tengkorak berbentuk mangkuk, dengan pelayan berpakaian vampir dan penyembah setan. Ada juga fitur mendesis dari lilin, asap dipompa turun dari langit-langit dan lukisan bergerak. Hiburan lain ada juga pertunjukan dari Dracula banci dan akting cemerlang dengan ilusi dan penari yang semuanya seram layaknya setan.

Awalnya takut, tapi selanjutnya bukannya membuat orang pergi, namun suasana sangat seram ini justru membawa klien ingin tahu lebih. Bahkan munculnya desas-desus ritual setan yang dilakukan di lantai atas restoran itupun tak menambah takut siapa pun, apalagi para pelanggan.

Pada tahun 2008, sebelas tahun setelah mereka membuka usaha gila ini, para pemilik T’Spookhuys memutuskan untuk menutup tempat itu dan membuka klub baru lagi, di kota Zandhoven. Bagi penggemar dan para petualang, T’Spookhuys itu masih tersisa utuh. Mereka bisa mengeksplorasi dan mengambil foto dari apa yang mungkin digunakan di restoran terseram di dunia ini. Meski jumlah mereka yang berani masuk juga sedikit.

Konon, rumor yang beredar memang ada puluhan kisah hantu dan roh tersiksa senang tinggal di restoran yang akhirnya ditutup ini. Keberadaan hantu beneran inilah yang konon menjadi alasan sebenarnya mengapa si pemilik memutuskan untuk menutup toko dan menjauh. Meskipun, tidak ada penampakan hantu dan fenomena seram yang telah dilaporkan terkait dengan keberadaan tempat itu.

Jadi, meski sudah ditutup, fenomena restoran ini terus menyisakan kisah seram tersendiri, terlebih, rumah hantu ini juga masih tetap ada walaupun restorannya sudah tidak beroperasi. Apakah Anda tertarik untuk menguji nyali di sini?