Ketika ketika menambahkan suatu drive di komputer, seperti harddisk tambahan (harddisk ekstern), drive CD, flash drive, atau media penyimpanan yang lain, makaWindowsakan secara otomatis menandai drive tersebut dengan huruf dengan urutan sesuai abjad. Namun demikian, jika menginginkan, kita dapat mengubah huruf drive tersebut sesuai keinginan kita.

Langkah-langkah mengubah huruf Drive adalah sebagai berikut : 

Pertama, klik kanan pada “My Computer” kemudian pilih “Manage” sehingga akan muncul jendela “Computer Management” seperti screenshot di bawah ini.
Kedua, kemudian di bawah “Storage” pilih “Disk Management” sehingga kita akan melihat daftar drive yang ada di system komputer kita. Di bagian bawah, kita akan melihat drive tambahan tersebut.

Ketiga, klik kanan pada drive yang ingin diubah hurufnya, kemudian pilih “Change Drive Letter and Paths” hingga akan muncul jendela “Change Drive Letter and Paths”, seperti gambar di bawah ini.
Keempat, klik “Change” kemudian pilih huruf yang kita inginkan.
Kelima, kemudian setelah menentukan hurufnya, klik OK.

Keenam, kemudian akan muncul peringatan bahwa pengubahan tersebut dapat menyebabkan error. Jika ingin tetap melanjutkan klik “Yes”.
Ketujuh, kemudian dalam beberapa saat, huruf drive tersebut telah berubah sesuai dengan keinginan kita.
Kedelapan, untuk memastikan perubahan tersebut, kita dapat membuka Windows Explorer kemudian perhatikan drive yang telah kita ubah hurufnya.
Kesembilan, untuk mengubah huruf drive yang lain, prosedurnya sama.WARNING !!!

Khusus untuk drive yang ada systemnya (biasanya drive C), kita tidak boleh mengubahnya. Karena beberapa program berbasis MS-Dos dan Windows merujuk ke drive tersebut. Oleh karena itu, jika kita mengubahnya, hal tersebut dapat menyebabkan trouble.