Jika Anda pengguna Windows XP dan Windows lainnya, Anda tentu pernah/sering berselancar dengan Windows Explorer dalam rangka “mengeksplorasi” file-file atau folder-folder yang ada di dalam harddisk komputer Anda. Ketika kita menyorot (memilih) suatu folder/file, secara default, Windows Explorer akan menampilkan alamat folder/file tersebut pada address bar secara full path. Sedangkan pada title bar, hanya ditampilkan nama FOLDERnya saja. Jika menginginkan, kita dapat menampilkan alamat folder/file yang sedang kita eksplor pada title bar

Tampilan default title bar ketika kita ‘berselancar” pada Windows Explorer adalah seperti di bawah ini, di mana pada title bar hanya ditampilkan nama FOLDERnya saja bukan path dari folder/file yang sedang kita “eksplor”.

Untuk menampilkan full path dari file/folder yang sedang kita eksplor pada title bar Windows Explorer adalah dengan cara mengubah settingan tertentu pada Folder Option.

1. Akses (buka) Folder Option yang dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain :

  • Buka Control Panel dengan cara Start >> Control Panel >> Pilih applet Folder Option
  • Buka Windows Explorer >> pilih menu Tools >> Folder Option

2. Setelah terbuka jendela Folder Option kemudian pilih tab view, yang tampilannya seperti screenshot di bawah ini.

3. Kemudian centangi pada opsi Display the full path in the title bar dengan mengkliknya (seperti pada screenshot di atas).

4. Kemudian klik OK atau Apply

5. Selesai

Setelah kita mengubah settingannya maka pada title bar akan ditampilkan full path dari file/folder yang sedang kita eksplor, seperti di bawah ini.