Bagi pengguna Windows XP bajakan, (seperti saya, he he) yang sering melakukan koneksi internet harus hati-hati karena secara default, Windows akan secara otomatis memberlakukan jadual update ketika computer kita tersambung ke internet. Jika kita membiarkan Windows kita terupdate (baik secara tidak sengaja maupun tidak) maka secara tidak langsung akan membiarkan Microsoft untuk mendeteksi Windows bajakan milik kita tersebut. Selanjutnya bisa kita tebak, Windows XP kita tidak akan berjalan alias “ngadat”. 

Nah, sebelum hal itu terjadi, alangkah baiknya kita melakukan pencegahan terlebih dahulu sehingga kita akan terhindar dari segala resiko yang dapat menguras energi kita, seperti harus kehilangan data penting dan juga harus menginstall ulang Windows kita.

Langkah untuk mencegah hal tersebut adalah dengan cara mematikan Automatic Updates, dengan cara sebagai berikut :

Pertama, matikan Automatic Update melalui Control Panel, dengan cara sebagai berikut.

Klik Start >> Control Panel >> Automatic Updates kemudian pilih Turn Off Automatic Updates, seperti gambar di bawah ini.

Kemudian klik Apply atau OK.

Kedua, matikan Automatic Update melalui msconfig, dengan cara sebagai berikut.

Klik Start >> Run kemudian ketikkan “msconfig” (tanpa tanda petik) kemudian tekan OK atau ENTER hingga muncul jendela System Configuration Utility.

Kemudian pilih tab “service

Kemudian hilangkan centangan pada Automatic Updates, seperti di bawah ini.

Kemudian klik Apply atau OK.

Kemudian restart computer.

Selesai.