Sebenarnya Windows XP sudah menyediakan berbagai fitur dan fasilitas yang semuanya ditujukan untuk “memanjakan” para penggunanya, baik yang berkaitan dengan kemudahan, kenyamanan maupun keamanan dalam berkomputer. Namun karena satu dan lain hal, misalnya ketidaktahun akan fungsi-fungsi fitur tersebut akhirnya banyak fitur yang sepertinya menjadi “mubazir” belaka. Salah satu fitur yang mungkin “lepas dari pantauan kita” karena mungkin ketidaktahuan akan fungsinya adalah fitur Hibernate Windows XP.  

Hibernate adalah salah satu fitur yang dimiliki Windows XP yang memungkinkan data yang tersimpan pada memori dipindahkan ke harddisk pada saat computer dimatikan. Dan ketika komputer dihidupkan lagi maka data tersebut akan segera “dipindahkan” lagi ke memori. Dengan “teknologi” seperti itu maka proses shutdown dan booting menjadi lebih cepat karena komputer tidak perlu mengambil data dari harddisk tetapi langsung dari memori.

Selain itu, dengan Hibernate, komputer akan dapat menampilkan aplikasi terakhir yang sedang berjalan ketika computer dimatikan. Misalkan, sebelum komputer dimatikan, kita masih menjalankan MS Word dan MS Excel maka ketika komputer tersebut dinyalakan lagi, kita akan mendapati kedua aplikasi tersebut masih berjalan seperti sebelum komputer dimatikan. Dengan kelebihan tersebut, kiranya fungsi Hibernate ini cocok untuk para pengguna laptop yang “mobile” yang mungkin sering mematikan dan menghidupkan laptop di tempat-tempat yang berbeda-beda.

Untuk mengaktifkan fitur Hibernate ini adalah dengan cara sebagai berikut :

Pertama, klik kanan pada Desktop kemudian pilih Properties hingga muncul jendela “Display Properties”.

Kedua, kemudian klik tab “Screensaver” dan kemudian klik button “Power” yang berada di bagian kanan bawah hingga muncul jendela “Power Option Properties”.

Ketiga, kemudian klik tab “Hibernate” kemudian centangi pada “Enable Hibernate”.

Keempat, kemudian klik Apply atau OK.

Kelima, ketika hendak mengaktifkan, klik START kemudian klik Turn Off Computer maka akan muncul pilihan button “Hibernate” dan kemudian klik button Hibernate tersebut.

Keenam, jika tidak muncul pilihan “Hibernate”, tekan dan tahan tombol shift di keyboard hingga Standby akan berubah menjadi Hibernate.