Untuk membuka atau menjalankan suatu program (aplikasi) dapat dilakukan dengan berbagai metode atau cara tergantung kebiasaan masing-masing dan juga kepraktisan. Salah satu cara praktis untuk menjalankannya (mengeksekusi) adalah melalui icon yang berada di desktop, yaitu dengan cara mengklik dua kali (double click) icon aplikasi tersebut. Cara lain adalah dengan menyeleksi (mengarahkan kursor ke icon di maksud) kemudian dilanjutkan dengan menekan ENTER. 

Jika dengan cara pertama (double click) dirasa kurang nyaman atau praktis, kita dapat mengaturnya sedemikian rupa sehingga peng-eksekusi-an dapat dilakukan dengan satu klik saja. Artinya, untuk menjalankan suatu aplikasi dilakukan dengan mengklik satu kali icon aplikasi tersebut.

Untuk melakukan pengaturan hal tersebut adalah dengan langkah-langkah sebagai berikut :

Pertama, klik Start >> Control Panel >> Folder Option hingga muncul jendela seperti di bawah ini.

Kedua, pada “Click item as follows” pilih “Single-click to open an item (point to select)

Ketiga, setelah itu, pilih di antara dua opsi yang ada, “Underline icon titles consistent with my browser” dan “Underline icon titles only when I point at them”. Dengan memilih opsi yang pertama, iconnya akan selalu bergaris bawah, sedangkan jika kita memilih opsi yang kedua, icon akan menjadi bergaris bawah ketika kita menyorotnya (menyeleksinya).

Keempat, klik Apply atau OK.

Kelima, selesai.

Sekarang, coba jalankan salah satu aplikasi dengan cara mengklik satu kali icon aplikasi tersebut dan pastikan dengan hanya sekali klik, aplikasinya dapat dieksekusi atau berjalan.

Oh, iya sebenarnya pengaturan tersebut adalah pengaturan untuk “eksekusi” folder. Jadi dengan pengaturan tersebut, ketika kita berselancar dengan Windows Explorer, untuk membuka suatu folder dilakukan hanya dengan satu klik saja. Untuk membuktikannya, silakan buka Windows Explorer kemudian klik salah satu drive yang ada kemudian klik salah satu folder yang ada pada panel sebelah kanan dan pastikan hanya dengan satu klik saja, eksekusi folder bisa dilakukan.