Semua user pasti akrab dengan menu klik kanan atau yang lebih dikenal dengan context menu ini. Disebut context menu karena menu yang muncul tergantung dari kondisi atau context tertentu dari yang diklik kanan tersebut. Karena kepraktisannya, user lebih suka menggunakan menu klik kanan ini dari pada menu yang lainnya. Pada browser bawaan Microsoft, Internet Explorer, karena alasan tertentu, misalnya alasan security, Anda dapat menon-aktifkan context menu tersebut sehingga user tidak dapat seenaknya melakukan klik kanan. 

Tips kali ini akan mempergunakan fasilitas Windows, yaitu group policy editor atau gpedit.msc.

Langkah-langkahnya adalah seperti biasanya sebagai berikut :

1. Klik Start >> Run >> kemudian ketikkan gpedit.msc kemudian OK atau ENTER, hingga terbuka jendela group policy editor.

2. Kemudian klik User Configuration >> Administrative Templates >> Windows Components >> Internet Explorer >> Browser Menus, tampilannya seperti di bawah ini.

3. Kemudian pada sebelah kanan, temukan dan klik double Disable Context menu hingga akan muncul jendela Disable Context menu Properties, seperti di bawah ini.

4. Kemudian pilih opsi Enabled, dan lanjutkan dengan mengklik OK atau Apply.

5. Selesai.

Sekarang, Anda coba buka situs tertentu dengan Internet Explorer dan cobalah untuk melakukan klik kanan, apa yang terjadi adalah klik kanan tidak bisa diakses.