Kalau kita sudah “fly” dengan aktivitas di komputer (misalnya mengerjakan tugas kantor/kuliah atau pun kegiatan berinternet seperti browsing, chatting) kadang-kadang menjadikan kita lupa akan waktu dan ini akan membuat komputer menjadi “kurang istirahat”. Padahal komputer juga seperti manusia yang membutuhkan waktu untuk cooling down atau istirahat. Jika tidak, komputer akan dapat menjadi lebih cepat rusak karena komponen-komponen di dalamnya akan mengalami over heat. Oleh karena itu, kita harus dapat mengontrol lama pemakaian komputer sehingga komputer akan menjadi lebih awet. 

Sehubungan dengan hal tersebut, ada cara sederhana untuk mengetahui lama pemakaian komputer dengan menggunakan fasilitas Windows, systeminfo. Lama waktu pemakaian computer dihitung dari computer melakukan booting hingga kita melakukan pengecekan.Berikut langkah-langkahnya.

Pertama, jalankan Command Prompt dengan cara klik [Start] [Accessories][Command Prompt] hingga akan muncul jendela Command Prompt, seperti screenshot di bawah ini :
Kedua, pada command prompt tersebut, ketik perintah “systeminfo” (tanpa tanda petik) diikuti dengan ENTER.

Ketiga, setelah menunggu beberapa detik, kita dapat melihat berapa lama pemakaian komputer. Dalam contoh ini, sejak booting hingga saya melakukan pengecekan ini, saya telah menggunakan komputer selama 51 menit 11 detik, seperti screenshot di bawah ini.

Keempat, selesai dan selamat mencoba !!!