Tips meredakan rasa nyeri pada sariawan :
[1] Hindari makanan yang memiliki tepi tajam, misalnya keripik;
[2] Hindari minuman yang mengandung karbonat atau bercita rasa asam, misalnya jus jeruk;
[3] Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut;
[4] Gosoklah gigi secara hati-hati agar tidak melukai gusi;
[5] Oleskan obat yang tidak menimbulkan rasa perih/sakit dalam bentuk salep atau gel tepat pada daerah sariawan;
[6] Kerena sariawan dapat disebabkan oleh daya tahan tubuh yang menurun dan kekuarangan vitamin serta mineral, bila perlu Anda sebaiknya juga mengkonsumsi suplemen multivitamin dan mineral.

Tips mencegah sariawan :
[1] Menjaga kebersihan/higiene mulut yang baik;
[2] Kontrol secara teratur ke dokter gigi, terutama bila Anda mengenakan kawat gigi;
[3] Jangan menyantap makanan atau minuman yang terlalu panas;
[4] Hentikan kebiasaan merokok;
[5] Kurangi konsumsi minuman beralkohol;
[6] Jiga Anda alergi terhadap obat kumur atau pasta gigi tertentu, hindari produk tersebut;
[7] Menjaga daya tahan tubuh dengan makan makanan bergizi dan mengkonsumsi multivitamin bila perlu.

Tips Menghindari Anemia :
Setiap orang punya kemungkinan menderita penyakit anemia atau kurang darah. Kunci dari penyakit anemia adalah zat besi. Ini dia tips menghindari anemia.

Jutaan orang terutama wanita dan anak-anak berkemungkinan menderita penyakit anemia. Banyak hal yang bisa membuat orang terkena anemia. Kurangnya zat besi jadi penyebab utama. Namun kekurangan zat folik, vitamin B-12, B-6, terlalu banyak menggunakan obat-obatan, haid yang tidak normal dan kekurangan zat tubuh lain juga bisa jadi penyebab.

Yang paling penting untuk menghindari penyakit anemia adalah Anda harus menjaga pola makan. Usahakan zat besi serta vitamin dalam tubuh seimbang. Ini dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah datangnya anemia.
1. Usahakan makanan Anda lebih berfariasi. Sertakan juga makanan yang mengandung banyak zat besi. Dari buah-buahan seperti apel, pisang, plum dan aprikot. Zat besi dalam sayur-sayuran bisa Anda dapat dari asparagus, labu, ubi rambat, brokoli, tumbuhan merambat, kacang merah, tahu dan biji-bijian.
2. Makan makanan yang banyak mengandung zat besi dan juga vitamin C. Ini akan membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Konsumsi vitamin C bersamaan dengan saat Anda memakan zat besi.
3. Hindari gula atau kurangi konsumsi gula Anda. Ini akan meningkatkan penyerapan zat besi. Hindari makan asem. Asem bisa menghambat tubuh menyerap zat besi.
4. Konsumsi juga makanan yang bermuatan kalsium, vitamin E dan zinc sebagai tambahan. Namun jangan di waktu yang bersamaan dengan konsumsi zat besi. Zat-zat di atas bagus untuk tubuh namun bisa mengganggu penyerapan zat besi.
5. Tambahkan juga buah-buahan kering seperti kismis dan buah prem yang dikeringkan ke menu diet Anda. Kurangi konsumsi kopi dan black tea. Minuman ini mengandung poliphenol dan tannin yang bisa mengganggu penyerapan zat besi.
6. Haid yang berlebihan dapat menguras darah dalam tubuh Anda. Temui dokter jika hal tersebut terjadi. Jika dibiarkan terus-menerus dampaknya akan sangat tak baik.
7. Jika mengkonsumsi obat untuk penyakit Anda, usahakan atas referensi dokter. Beberapa obat bisa menghambat masuknya zat besi dan vitamin B ke dalam tubuh.
8. Jika Anda seorang vegetarian sebaiknya diskusikan masalah kesehatan Anda dengan ahlinya. Vitamin B-12 banyak didapat dari makanan berdaging, vegan tentu saja tidak mengkonsumsi daging.

Serangan anemia bisa membuat keseimbangan tubuh Anda goyah. Sebaiknya hindari anemia sebisa mungkin.