PRINSIP DASAR
USER (User, Friend, Operator dan Owner) secara prinsip dasar adalah SAMA yakni sebagai PENGGUNA fasilitas ROOM yang disediakan oleh CF TEAM MANAGEMENT di Dunia Maya.
PRINSIP DASAR ROOM
ROOM  adalah suatu komunitas maya yang dibangun dalam suatu tatanan organisasi dan ditujukan agar masing-masing USER dapat belajar bersosialisasi dan berorganisasi serta mampu bertanggungjawab untuk saling menghargai dan bertindak sesuai dengan fungsi dan jabatannya selain tentunya menikmati entertainment yang ada di room tersebut.
O P E R A T O R
OPERATOR berfungsi membantu dan mendukung OWNER dalam memelihara dan menjaga room agar berada dalam situasi, kondisi serta suasana yang aman, tertib dan menyenangkan serta membantu dan melayani seluruh User dan Friend agar mereka dapat merasakan kenyamanan di room.
PERSYARATAN DAN KRITERIA OPERATOR
  • Mampu dan bersedia belajar bersikap dewasa dan bertanggungjawab.
  • Mampu dan bersedia belajar menggunakan fungsi IceOP dengan benar baik secara otomatis maupun secara manual.
  • Mampu dan bersedia belajar untuk menggunakan mic di room.
STANDING OPERATING PROCEDURE (SOP) bagi OPERATOR
ON LINE
  • ON LINE diharapkan setiap hari, KECUALI bila ada kesibukan utk beberapa hari sebaiknya diinformasikan terlebih dahulu terhadap pihak Owner.
  • Saat ON LINE pada hari tersebut diharapkan selalu dapat menyisihkan waktu untuk masuk di room dan menjalankan fungsinya sebagai Operator.
O S P E K
  • OSPEK (kick) terhadap Operator Baru HANYA diperkenankan apabila dengan mencantumkan PESAN saat kick dilakukan.
  • OSPEK (kick) terhadap Operator Baru TIDAK diperkenankan apabila tanpa mencantumkan PESAN saat kick dilakukan.
  • OSPEK (kick) terhadap Operator Baru HANYA diperkenankan maksimal 1 kali untuk masing Operator.
WARNING – KICK – PUNISH
WARNING diharapkan diberikan terlebih dahulu Minimal 1 kali kepada User :
  • Yang meminta Show pada Ce Non Show.
  • Yang menggunakan Font Kecil / Silau.
  • Yang melakukan Flooding.
  • Yang melakukan Typing berulang kali dgn teks yang sama.
  • Yang melakukan typing kurang sopan baik kepada user lain atau room.
  • Yang melakukan rekaman atas cam user lain di room.
KICK diberikan kepada User :
  • Yang mengabaikan seluruh poin Warning yang telah diberikan sebelumnya
  • Yang melakukan typing dgn kata2 yang Kasar, Vulgar dan Mendiskreditkan kepada user lain atau room
PUNISH 1 jam – 1 hari diberikan kepada User :
  • Yang melakukan typing dgn kata yang SANGAT Kasar, Vulgar dan Mendiskreditkan kepada user lain atau room.
HUBUNGAN PRIBADI
·         Semua masalah pribadi baik terhadap User lain ataupun terhadap sesama Operator TIDAK DIPERKENANKAN dibicarakan di room dan dipersilahkan melakukannya via IM.
·         Operator yang apabila ada teman ce, sahabat ce atau pacarnya berada di room diharapkan tidak memperlihatkan emosi atau kecemburuannya di room apabila ada user lain yang berbicara dengan ce tsb dan dapat tetap bersikap objektif.
·         Operator tidak diperkenankan melarang ataupun memarahi apabila ternyata teman ce, sahabat ce atau pacarnya tsb melakukkan show di room dan dipersilahkan melakukannya via IM.
TAKE MIC
·         Operator pemegang mic sedapat mungkin menyajikan lagu2 yang sesuai dgn waktu dan susasana room serta berorientasi menghibur kepada seluruh user di room dan bukan kepada kesenangan pribadi
·         Operator pemegang mic saat awal take sebaiknya menanyakan via IM kepada sesama Operator atau user-user di room apakah koneksinya baik atau kurang baik dan bila koneksi ybs baik silahkan dilanjutkan dan bila kurang baik segera tawarkan mic pada Operator lain ataupun user (friend) di room.
STATUS OWNER DI ROOM LAIN
Operator yang pada akhirnya menyandang Status Owner di room lain sebaiknya memberikan informasi tersebut kepada Owner di room terutama kepada Owner yang mengangkatnya agar tetap terjalin hubungan yang harmonis di antara mereka.
FONT
Font yang digunakan oleh Operator sebaiknya tidak terlalu besar dan tidak terlalu mencolok di room.
WARNING
Warning yang diberikan oleh Operator di room sebaiknya dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak berlebihan (baca : kasar) dan icon yang cukup bersahabat.
SHOW
Operator TIDAK DIPERKENANKAN meminta show kepada seluruh perempuan yang ada di room.
FLOODING
Operator TIDAK DIPERKENANKAN melakukan flooding di room
Demikian STANDING OPERATION PROCEDURE (SOP) ini disampaikan agar dapat dipahami dan dijalankan demi terciptanya suasana persahabatan dan persaudaraan yang erat dan bertanggungjawab di antara kita semua.
STANDING OPERATING PROCEDURE (SOP) bagi OPERATOR
KERAMAHTAMAHAN
Pada prinsipnya setiap user senang diperhatikan dan dihargai, oleh karena itu dalam situasi apapun USAHAKAN setiap Operator dapat menjawab salam yang diberikan oleh setiap user yang baru masuk room atau yang akan keluar room, terlepas user tersebut dikenal atau tidak.
Apabila hal ini dapat dilakukan oleh setiap Operator dalam situasi apapun, maka IPP akan sangat dikenal sebagai room yang sangat bersahabat dan penuh keramahtamahan.
(Karena hal ini pernah terjadi sebelumnya pada saat ada user baru dan tidak dikenal oleh hampir semua OP, maka saat dia masuk dan memberikan salam kemudian hampir semua OP menjawab salamnya…..Langsung dia katakan kesannya “Wah room ini, sangat berbeda dgn room yg lain ya…..sangat ramah….” Ini mungkin hal kecil tapi SESUNGGUHNYA bermakna besar utk menjadikan IPP menjadi ROOM terbaik yang penuh dengan nuansa persahabatan dan persaudaraan).
Salam Camfrog By : _OBOB